LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

interface GAM menggunakan LabView dan RS232

Mas/mbak mau tanya, saya lagi ada project buat interface Gama Area Monitor (GAM) pakai labview. Komunikasi yang dipakai RS232, saya sudah bisa kirim dan terima data, tapi data yang diterima masih dalam bentuk string. Sedangkan yang ingin ditampilkan dalam bentuk double, sudah coba pakai fungsi "Fract/Exp String to Number" tapi masih belum bisa juga. Boleh tolong dikoreksi dan masukkannya, ini saya lampirkan hasil yang sudah saya kerjakan.

0 Kudos
Message 1 of 4
(3,566 Views)

Ada contoh string dan konversi dari hasil bacaan nya kah? Coba di screenshot kan sekalian kl ada biar lebih gampang lihatnya.

 

Length pada "String Subset" diisi 1 dengan offset 0 -> berarti yang mau diconvert ke double hanya huruf pertama dari string bacaan Serial. Memang format nya begitu?

Message 2 of 4
(3,556 Views)

oh.. saya baru tau kalau fungsi konstannnya untuk menentukan huruf mana yang mau diconvert. trimakasih Gabriel92.

ini saya lampirkan gambar hasil running yang udah dicolok ke instrumennya. digambar bisa dilihat bagian readnya itu ada tulisan "A111#" nah yang mau saya convert 111 jadi 1,11. trus karakter A sama #nya dibuang..

0 Kudos
Message 3 of 4
(3,538 Views)

Kl tetap mau pakai "Fract/Exp String to Number", Offset diisi 1, length dikosongi saja constant nya. Jadi dia convert mulai karakter ke 2 sampai angka terakhir. Hasilnya baru dibagi 100.

Kl mau bisa juga pakai "Scan Value".

Untuk keterangan lengkap fungsi2 nya, bisa ditekan Ctrl+H, nanti dia akan keluar help nya mas. Bisa coba dibaca2 lagi.

Semoga membantu.

0 Kudos
Message 4 of 4
(3,528 Views)