LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Permasalahan Pembacaan Sensor Temperatur LM35 untuk Keperluan Data Akuisisi

Salam sejahtera bagi bapak-bapak guru dan ahli-ahli LabVIEW di forum diskusi ini. Ada yang ingin saya tanyakan mengenai permasalahan yang saya temui di tugas akhir saya. Saya tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan apa-apa mengenai data akuisisi dengan bantuan software LabVIEW dan perangkat seperti sensor. Saya berniat untuk menggunakan data akuisisi untuk mengukur temperatur pada sistem pendingin berupa AC Split. Sejauh ini untuk block diagram di LabVIEW saya hanya mencoba berdasarkan tutorial di YouTube.

Sensor : LM35DZ

Alat Data Akuisis : NI USB-6000

Adapun masalah yang saya temui ialah ketika saya mencoba menjalankan program, angka yang ditampilkan di bagian temperatur tidak menunjukkan angka dengan satuan suhu (saya ingin menggunakan satuan celsius) dan data yang langsung ditampilkan di excel terlalu banyak dan terdapat 10 sampel di tiap file excel yang dibuat (dalam jangka waktu 1 menit ada 100+ file excel yang dibuat oleh LabVIEW).

Tujuan data akuisisi temperatur : mengambil data temperatur sebanyak 5 data kemudian dilakukan rata-rata setiap 5 menit dan pembacaan data temperatur dalam skala Celsius

Jika tidak merepotkan, bagaimana saya melakukan koreksi pada block diagram supaya saya mendapatkan hasil yang saya inginkan ? Apakah saya memerlukan alat tambahan agar pembacaan data temperatur dari sensor lebih akurat ? Berikut ini saya lampirkan block diagram pada LabVIEW. Besar harapan saya untuk bantuan, saran, dan nasehat dari bapak - bapak guru dan ahli - ahli LabVIEW sekalian. Mohon maaf bila detail dari masalah yang saya utarakan ini kurang lengkap. Terima kasih banyak atas perhatian bapak-bapak.

detail.JPG

block diagram.JPG

jadi.JPG

0 Kudos
Message 1 of 3
(3,235 Views)

3. Bagaimana melakukan pengukuran yang akurat?Banyak nih pertanyaannya, saya kumpulkan dulu pertanyaannya:

1. Bagaimana melakukan pengukuran Celcius dari LM35?

2. Bagaimana melakukan mean/rata-rata dari pengukuran?

3. Bagaimana melakukan pengukuran yang akurat?

Pertama, saya perlu tekankan, LabVIEW adalah bahasa programming, dan logika. Bukan suatu solusi tanpa kita develop. Jadi apa yang terjadi dengan program anda di atas, sesuai dengan program LabVIEWnya. Berikut ini fakta dari program yang sudah dibuat:

1. DAQ Assistant --> dengan setting di atas, akan mengeluarkan data sebanyak 100 sample setiap kali dieksekusi. Satuannya yang betul adalah VOLT, karena USB 6000 hanya bisa membaca VOLT, bukan CELCIUS.

2. Mean.vi --> ini melakukan rata-rata dari 100 sample di atas, jadi 1 data saja

3. Merge Signal.vi --> melakukan penggabungan data dengan posisi pertama signal original (100 sample), data kedua adalah signal rata-rata (1 sample)

4. Memberikan label pada signal pertama

5. Memberikan label pada signal kedua

6. Write to Measurement File.vi --> menulis kedalam EXCEL ya

Sekarang kalau sudah dijelaskan per-blok tinggal menjawab pertanyaannya ya:

1. Bagaimana melakukan pengukuran Celcius dari LM35?

--> Datasheet LM35 kan menyebutkan 10mV/C, jadi kalau di LabVIEW terbaca 10mV, artinya ini adalah 1 derajat Celcius. Jadi output dari DAQ Assistant tinggal dilakukan perkalian dengan konstanta 100, agar menjadi Celcius.

2. Bagaimana melakukan mean/rata-rata dari pengukuran?

--> cara di atas sudah benar, dengan Mean.vi. Namun kalau tujuannya ini:

Tujuan data akuisisi temperatur : mengambil data temperatur sebanyak 5 data kemudian dilakukan rata-rata setiap 5 menit dan pembacaan data temperatur dalam skala Celsius

Maka dari program diganti:

a. Setting DAQ Assistant: Sample to read 5, Sampling Rate 5 (ini membuat blok ini mengeluarkan 5 sample saja

b. Tambahkan fungsi Wait (ms) dengan input 300,000 (tiga ratus ribu millisecond), yang artinya 5 menit. Ini menjamin agar program hanya berjalan setiap 5 menit

Tinggal di Mean.vi kan saja setelah itu.

3. Bagaimana melakukan pengukuran yang akurat?

Sensor LM35 itu tidak akurat. Akurasinya kan cuma 0.5 derajat C. Kalau mau lebih akurat ya pakai thermistor.

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2016
Message 2 of 3
(2,927 Views)

Terima kasih banyak Bapak KrisnaWisnu atas bantuannya. Akan segera saya coba pak

0 Kudos
Message 3 of 3
(2,927 Views)