LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Penggunaan if else statement dan comparison

Solved!
Go to solution

Halo master-master. bisa bantu saya, saya mau mencari suatu elemen dalam sebuah array 1d. 

saya mau menentukan elemen dengan kondisi ketika elemen array > 0.8. 

tapi saya masi kurang paham bagaimana menampilakn nilai dan indexnya. hanya bisa menampilkan led seperti gambar di bwah ini.

makasih master-master mohon bantuannya...

 

0 Kudos
Message 1 of 24
(3,789 Views)
Solution
Accepted by topic author ig31

Halo mas ig31,

Saya masih kurang ngeh dengan maksudnya mas. Kalau saya lihat dari contoh vi yang di attach, itu harusnya auto indexing dari array yang masuk ke for loop diaktifkan. Trus masuk ke fungsi komparasi sudah betul.

 

Selanjutnya untuk mendapatkan index dari elemen array > dari 0,8 bisa menggunakan iteration count dari for loop dikurangi satu. Nah, terus output dari iteration count itu tarik ke sisi kanan for loop sampai muncul tunnel. Nah, kalau sudah muncul output tunnel, klik kanan tunnel tersebut kemudian pilih Tunnel Mode - Conditional nanti dibawah tunnel tersebut muncul ikon "?" kecil. Tarik output dari fungsi komparasi ke conditional tunnel tersebut.

 

Terakhir tinggal buat indikator dari output tunnel tersebut untuk menampilkan index dari element array yang > dari 0,8.

 

Monggo dicoba dulu

Message 2 of 24
(3,778 Views)

Halo mas, makasih sarannya.

Iya mas maksd saya, sya mau mencari elemen pada array 1d dimana kondisinya index elemen tersebut ditampilkan apabila kondisi terpenuhi.

 

Ini saya dah cba tpi bermsalah sama indikatr untuk menampilkan indexny mas krena yang ditampilkan malah arraynya mas.. apa bener blok diagramnya mas? 

 

 

0 Kudos
Message 3 of 24
(3,771 Views)

Itu dah betul. isi dari array itu indexnya. Dan revisi, output dari iteration count-nya ga perlu dikurangi satu

0 Kudos
Message 4 of 24
(3,766 Views)

Makasih mas, iya itu ternyata udah indexnya. maaf saya juga pemula.

Ini saya juga ada masalah sedikit sama menentukan waktu ketika signal kembali ke baseline/keadaan awal. (seperti gamber).

Gimana caranya ya mas bisa menentukan titik seperti yg di-plot pada cursor biru seperti di gambar..

makasih..

0 Kudos
Message 5 of 24
(3,761 Views)
Solution
Accepted by topic author ig31

menentukan titik gimana maksudnya? biar cursor birunya otomatis nunjuk ke posisi steady state? 

search baseline.png

Mungkin logic disamping bisa membantu untuk mendapatkan index dari array ketika sinyal menuju baseline.

Setelah index didapatkan, mas ig31 tinggal menggunakan property node dari cursor biru untuk men-set posisi X-nya sesuai index dari array tersebut

0 Kudos
Message 6 of 24
(3,759 Views)

maksud saya mau mencari index lagi tpi di baseline.. seperti yang mas lihat di gambar, signal start dri awal menuju peak, dan kembali ke keadaan semula. nah saya mau mencari titik ketika kembali ke baseline (logikanya).

makasih sarannya mas, utk shift registernya kenapa ada 8 mas? apa harus 8 atau bisa di set sesuai kebuthan?

makasih

0 Kudos
Message 7 of 24
(3,751 Views)

OK. Jadi kita punya satu array (saya kasih nama main array) yang isinya data sinyal mulai dari baseline, kemudian menuju peak, setelah itu kembali ke baseline.

 

Untuk mencari index dari sinyal saat menuju peak bisa pakai logic yang awal ya. Saat data array melebihi nilai threshold-nya berarti itu index untuk cursor merah (saya kasih nama index rising). 

Kemudian ambil sisa data array setelah index rising menggunakan fungsi array subset. Masukan output dari fungsi array subset tersebut ke logic yang sudah saya share sebelumnya. Tambahkan nilai dari index rising ke nilai index untuk mendapatkan index ketika kembali ke posisi baseline (cursor biru).

 

Kenapa shift registernya ada 8? itu untuk filtering saja jangan sampai ketika sinyal belum steady di baseline tapi sudah dianggap  baseline. Misalnya, respon sinyalnya lambat sehingga ada kemungkinan durasi sinyal saat zero crossing berada dalam baseline threshold (+/- 0.1) lebih dari 4 sampel. Jika kita set shift registernya kurang dari 4 maka kondisi tersebut akan dianggap sebagai baseline, padahal sinyalnya masih undershoot. Jumlah shift register bisa disesuaikan dengan respon sinyal yang dihasilkan. Silahkan bereksperimen untuk mendapatkan jumlah shift register yang optimal.

0 Kudos
Message 8 of 24
(3,743 Views)

makasih mas, udah bisa..
aku jga mau nanya apakah kita bisa setting numeric indicator (seperti gmbar di bwah ini), untuk selalu menampilakan angka positif saja meskipun hasilnya negatif? misa seperti gambar di bwah menampilkan negatif, tpi yang saya mau hanya menampilkan positif, sekalipun negatif, tanda minusnya tidak harus ditampilkan..

makasih mas

0 Kudos
Message 9 of 24
(3,695 Views)
Solution
Accepted by topic author ig31

Tinggal pake fungsi Absolute Value saja sebelum nilainya di input ke numeric indicator

0 Kudos
Message 10 of 24
(3,693 Views)