LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

LabVIEW - Arduino: Komunikasi Serial

Awal tahun lalu saya membeli Arduino karena tertarik membaca beberapa ulasan tentang open-source board ini. Setelah satu bulan bermain-main dengannya, board Arduino akhirnya jadi penghuni lemari, tersisihkan oleh kesibukan lain. Dengan pengalaman cuma 1 bulan, tentu saya masih termasuk newbie dalam coding Arduino.

Sepertinya di LabVIEW Team Indonesia banyak juga penggemar Arduino dan menggunakan LabVIEW sebagai interface. Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi coding yang dibuat untuk test komunikasi serial lewat kabel USB.

TestSerial2.png

Hardware yang digunakan adalah Uno R3. Paling kiri, VISA resource name diset sesuai dengan koneksi Uno ke komputer kita. Pada VISA configure serial port, baud rate by default sudah diset ke 9600, parameter lainnya juga bisa dibiarkan pada nilai default. VISA fulsh I/O buffer dimasukkan untuk memastikan kalau buffer dalam kondisi kosong sebelum loop dijalankan.

Test komunikasi serial dilakukan dengan mengirim integer 8 bit random 0 - 9. Setelah diterima oleh Arduino, angka ini akan dikirim balik ke komputer. Data yang dikirim ditampilkan pada numeric indicator. Waveform chart dipakai untuk melihat kesesuaian data yang dikirim dan diterima. Sengaja data yang dikirim nilainya dinaikan 1 agar lebih mudah dilihat pada chart. Sebelum data dikirim ke Arduino digunakan fungsi flatten to string karena pada Arduino variabel ini akan dibaca sebagai integer. Lain halnya untuk data yang diterima oleh komputer, Arduino melakukan konversi integer menjadi decimal string. Jadi untuk data yang diterima fungsi decimal string to number digunakan untuk konversi.

Coding untuk Uno sebagai berikut,

TestSerial3.png

Baris ke-2 pada setup sebenarnya tidak perlu, itu residu dari coding sebelumnya. Bila ada data yang diterima maka data akan dibaca dan disimpan pada variabel "val". Setelah itu data dikirim balik ke komputer.

Inilah hasil uji coba yang dilakukan,

TestSerial1.png

Secara umum, pendapat saya interface LabVIEW dan Arduino cukup mudah dan bisa dikembangkan untuk mencoba aplikasi real-time sederhana. LabVIEW bisa digunakan sebagai GUI dan board Uno sebagai real-time system. Port I/O pada Uno cukup lengkap untuk membuat sistem data akuisisi bahkan untuk membuat kontrol closed-loop. Saran dari newbie, operasi yang dilakukan pada Uno sebaiknya menggunakan raw data untuk menyederhanakan coding. Kalau ingin kalibrasi atau konversi hasil pengukuran, lebih baik dilakukan di komputer yang memiliki resource lebih baik.

Kalau ada yang sudah nyoba membuat kontrol closed-loop pakai Arduino bolehlah berbagi pengalaman...

0 Kudos
Message 1 of 13
(22,507 Views)

sy sdh menyiapkn labview spt yg anda buat..tp kenapa ya port nye xdetect. yg saudara buat itu kn ada COM5 yg sy punya jd error..kna ada drivernya?need help

0 Kudos
Message 2 of 13
(8,734 Views)

Dear Zety,

Apa driver dari Arduino-nya sudah diinstall?

Kalau sudah, coba cek board Arduino kesambung ke port berapa. Tidak selamanya board Arduino muncul sebagai COM5.

0 Kudos
Message 3 of 13
(8,734 Views)

Sudah bang..labview sy xcukup feature.jd sy tmbah VISA serial RT dan alhmdulillah hasilnya spt itu..trima ksh ya

0 Kudos
Message 4 of 13
(8,735 Views)

Salam,

Mas Arduino dan LabView tidak connect? tidak menghasilkan output di LabView maupun Arduino. untuk program sudah saya ikuti contoh yang pernah berhasil. VISA dan LIFA sudah diinstal, tapi tetap tidak ada outputnya.

terimakasih atas bantuannya.

Salam.

0 Kudos
Message 5 of 13
(8,735 Views)

Salam,

Maaf mas saya mau bertanya, bagaimana cara menampilkan I/O com 5. Saya sudah menginstal labview for arduino di VI package namun tetap tidak ada menu tersebut. Saya menggunakan labview versi 2014. Terimakasih atas responnya.

0 Kudos
Message 6 of 13
(8,735 Views)

salam,

maaf mas yang saya ingin tanyakan saya sedang membuat device dengan arduino mengukur kecepatan kendaraan, dan saya ingin menampilkan display kecepatan kendaraan tersebut hasilny dengan interface  di labview itu bgaimana ya caranya ? mohon bantuannya terimakasih

0 Kudos
Message 7 of 13
(8,735 Views)

Salam,

Untuk semua yang memberi komentar di postingan saya ini, mohon maaf saya baru bisa reply hari ini.

Kemungkinan besar LabVIEW dan board arduino tidak bisa komunikasi karena board tidak terkoneksi ke COM5. Agar lebih mudah memilih serial port yang sesuai, lebih baik gunakan control di front panel seperti gambar di bawah:

VISA01.jpg

0 Kudos
Message 8 of 13
(8,735 Views)

Mas tapi kenapa ya di front panel di labview saya tidak tersambung apapun

kemungkinan tersebut kenapa ya mas?

Pada 23 Mei 2016 10:08, "Yusman" <web.community@ni.com> menulis:

NI Community <https://decibel.ni.com/content/index.jspa>

LabVIEW - Arduino: Komunikasi Serial new comment by Yusman

<https://decibel.ni.com/content/people/Yusman> - View all comments on

this blog post

<https://decibel.ni.com/content/groups/labview-team-indonesia/blog/2013/05/05/labview--arduino-komunikasi-serial#comment-49202>

0 Kudos
Message 9 of 13
(8,735 Views)

Kalau pake control, tekan panah bawah sebelah kanan, langsung muncul VISA resource name list. Coba cari arduino board dilist tersebut.

0 Kudos
Message 10 of 13
(8,735 Views)