LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Bagaimana Cara Menghitung FRF ( Frekuensi Respon Function ) 2 Microphone Pada Tabung Impedansi?

Assalamualaikum Wr Wb

Selamat Malam Mas, Mbak, Abang, Kakak..

 

Perkenalkan saya Nando mahasiswa salah satu universitas di Sumatera Barat. kebetulan saya sekarang sedang mengerjakan tugas akhir yang berhubungan dengan pemograman labview.

 

Topik tugas akhir saya yaitu menghitung koefesien penyerapan suara material peredam suara. dimana pembimbing saya meminta menghitung menggunakan program labview. dimana peralatan yang saya gunakan :

1. NI device

2. Dua buah microphone made by BSWA memiliki perbedaan nilai sensitivitas keduanya

3. Tabung Impedansi didalamnya termasuk speaker dan material penyerap suara

4. PCB preamplifier ( Pengkondisian sinyal )

5. Amplifier ( Penguat Sinyal )

 

Disini saya akan menghitung penyerapan suara ( jenis suara chirp ) pada frekuensi 200-4000 (telah saya buat program suaranya di matlab).. Frekuensi tersebut akan dikuatkan di amplifier dan dikirim ke speaker sehingga mikrofon 1 ( Auto-Correlation ) akan membaca sinyal datang dan microfon 2 ( cross-correlation ) akan membaca sinyal yang dipantulkan akibat adanya material penyerap suara. sinyal yang dibaca dua mikrofon tersebut akan dibaca dan diolah oleh LABVIEW. dimana awalnya akan didapat domain waktu dan akan dirubah ke domain frekuensi atau respon frekuensi.

 

awalnya saya sudah mencoba membuat program pengolahan sinyal suara tersebut di labview namun terdapat beberapa kesalahan dalam program tersebut. beberapa kesalah dan saya tidak memahami pemakaian perintah tersebut seperti :

1. mengatur DAQ Assist ( seperti Mode Akuisisi, Sample to read )

2. Filtering ( seperti low cut dan high cut off )

3. mengatur Auto dan cross correlation untuk kedua sinyal yang dibaca

4. merubah domain waktu ke domain frekuensi sehingga di dapat respon frekuensinya.

 

Mohon bantuannya Mas, Mbak, Abang, Kakak.. coba dilihat dan dikoreksi apa kesalahan dan perbaikan yang harus dikerjakan. sehingga saya bisa mendapatkan frekuensi respon fungsi (FRF) dimana data FRF yang didapat dapat diolah di matlab sehingga di dapatkan KOEFESIEN penyerapan suara ( output akhir tugas akhir saya )

 

Terima Kasih Sebelumnya,

Salam Hangat.

Wasalam

 

 

 

 

0 Kudos
Message 1 of 1
(2,603 Views)