LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Sistem Kendali Jarak Jauh menggunakan GPS dan Kompas dengan Interfacing Labview

Selamat Siang, saya Suwarno mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan Tugas Akhir.

 

Disini saya menggunakan sensor kompas HMC5883L, dimana sudut dari kompas tersebut akan ditampilkan pada LCD 16x2 dan di Visual LabVIEW.

 

akan tetapi ketika dilakukan pengujian dari sudut 0-360 derajat. Ketika LCD menunjukan sudut 250 derajat di tampilan labVIEW masih menunjukan sudut 245.

 

Yang mau saya tanyakan bagaimana cara mengatasi agar delay antara tampilan di LCD dan Visual LabVIEW menjadi sinkron?

atau kalau tidak memungkinkan bagaimana cara mengatasi agar delay antara labview dan LCD tidak berbeda terlalu lama?

 

disini saya menggunakan windows 7 64 bit dan labview 2014 32 bit

berikut adalah tampilan front panel dan block diagram yang telah saya buat.

terimakasih

front panel.pngdiagram.png

Message 1 of 13
(8,598 Views)

Hai Mas War,

project yang sangat menarik ini mas, saya juga penasaran. boleh saya tahu, apakah controler yang digunakan untuk mengakuisisi data si kompas HMC5883L (pakai Arduino, ARM atau Raspi?) atau apakah HMC5883L bisa langsung menampilkan data ke LCD dan mengirim data serial?

untuk update display di LabVIEW, setahu saya sangat bergantung dengan delay loop dan data serial yang dikirimkan. coba samakan delay looping di LabVIEW dengan Delay pengiriman datanya. Thanks

 

Correct Me If I'm wrong

Best regard

Nuclear Engineering - Septyawan Aulia

 

Message 2 of 13
(8,591 Views)

hallo mas septyawan, maaf slow respon.

Untuk controller nya kita pakai STM32F4 discovery, dimana kompas HMC5883L data nya masuk ke STM32F4 yang kemudian dari STM32F4 untuk besarnya sudut akan ditampilkan pada layar LCD ukuran 16x2. Disini besar sudut untuk menentukan arah mata angin, utara,timur,selatan dan barat.

 

Kalau untuk HMC5883L ditampilkan langsung ke LCD langsung kelihatanya tidak bisa. saya sendiri juga belum pernah mencoba.

Biasanya saya mencoba pakai controller Arduino atau STM32F4 (akan tetapi pada project saya kali ini memakai STM32F4 discovery)

 

saya masih bingung, apakah delay pengiriman data serial tersebut dapat diketahui melalui labview? kalau bisa bagaimana caranya?

terimakasih

0 Kudos
Message 3 of 13
(8,561 Views)

Saya coba bantu jawab sedikit mas war.

 

Kalau untuk delay pengiriman, seperti yang dibilang mas septyawan, tergantung dengan delay loop di Labview nya sendiri.

Meskipun delay komunikasi nya sendiri tetap ada, tapi seharusnya tidak begitu signifikan kalau dibanding delay loop nya yang 250ms. Mungkin bisa dikecilkan sedikit.

Saya attach sedikit tambahan di block diagram nya, untuk melihat jeda waktu pengambilan antar sample nya.

 

Kalo sudah dikecilkan dan perbedaan sudut nya masih banyak, mungkin bisa dicoba dimonitor secara serial pakai program serial seperti TerraTerm jg. Setahu saya kan board STM32F4 Discovery punya lumayan banyak set Serial nya. Jadi pembacaan dilakukan secara live di Terraterm dan LabVIEW. Kalau ternyata sudah sama, namun masih berbeda dengan pembacaan di kompas nya, mungkin program STM nya perlu di cek lagi mas.

 

Best Regards,

Gabriel Utomo

Message 4 of 13
(8,551 Views)

Terimakasih untuk dellay sudah teratasi.

mau tanya lagi min, masih seputar project tugas akhir saya.

1. Bagaimana cara memasukan gambar format JPEG atau PNG ke dalam "Ex XY Graph" (tata letak seperti dalam kotak berwarna kuning), akan tetapi titik koordinat (berwarna merah) terlihat diatas gambar (seolah-olah gambar yang dimasukan sebagai background) tersebut dan apabila data longitude lattitude berubah titik koordinat mengikuti data yang ditampilkan berupa angka?

 

2. Bagaimana agar data longittude atau lattiude berupa data string di ubah menjadi array?

 

3. Bagaimana agar titik koordinat tersebut tidak hanya menampilkan 1 koordinat? akan tetapi menampilkan beberapa koordinat secara bersamaan. misalkan 3 atau 4 titik koordinat?

 

Note : untuk Program Labview masih sama dengan yang saya lampirkan di awal pertanyaan terdahulu.

TERIMAKASIH

MAPS.png

0 Kudos
Message 5 of 13
(8,486 Views)

Halo mas Suwarno, untuk memasukan background ke graph control bisa menggunakan cara di bawah ini :

http://digital.ni.com/public.nsf/allkb/FF55BDA8C9F0C0ED862573450053A425

 

Kemudian untuk menampilkan titik koordinat bisa menggunakan fitur annotation yang ada pada XY Graph. Caranya klik kanan pada XY Graph-> Data Operation -> Create Annotation. Kemudian tinggal kasih nama annotationnya. Kalau ingin nama annotationnya sesuai dengan posisi latitude dan longitude berarti harus dibuatkan fungsi di programnya untuk mengubah property nama annotationnya sesuai input latitude & longitude.

 

Untuk pertanyaan no 2 ini maksudnya gimana ya? Saya anggap ini ada hubungannya dengan pertanyaan no 3 ya. Jadi ingin menampilkan beberapa koordinat dalam satu XY Graph. Saya sarankan untuk menggunakan XY Graph (bukan Ex XY Graph) agar lebih fleksibel. Untuk menampilkan banyak koordinat bisa menggunakan mode multiple plot. Jadi masing-masing koordinat diwakili oleh satu plot. Saya contohkan untuk dua koordinat.

multiple plot

Kemudian buat dua buah annotation yang masing-masing di lock ke masing-masing plot. Ini contoh hasilnya

contoh multiple plot.PNG

0 Kudos
Message 6 of 13
(8,478 Views)

Terimakasih mas taufik,

klarifikasi untuk pertanyaan no.2, jadi data longitude dan lattidute pada program saya itu berupa data string. kemudian data string tersebut saya ingin menjadikan array. Jadi tujuan saya mengubah data string menjadi array itu agar bisa menampilkan banyak koordinat di XY Graph secara bersamaan.

 

lanjut ke jawaban dari mas taufik yang no.3.

saya masih bingung caranya mengubah sumbu x menjadi longitude dan sumbu y menjadi lattitude jika menggunakan XY Graph, dikarenakan untuk sumbu X pada XY Graph itu berupa time. Karena alasan tersebut saya menggunakan EX XY Graph.
Terimakasih

0 Kudos
Message 7 of 13
(8,462 Views)

Jadi maksudnya data yang dikirim dari kontroller berupa data string, kemudian data string itu ingin dijadikan data array of string, begitu? Format data yang dikirim dari controller seperti apa? Apakah sama seperti contoh program diawal, tetapi diulang untuk masing-masing koordinat atau bagaimana? Saya sarankan agar string yang dikirim dari controller diformat sebagai csv (comma separated value). Data antar field dipisahkan oleh satu karakter tertentu (misalnya tab atau comma) dan data antar koordinat dipisahkan dengan CRLF. Contohnya seperti ini :

item1,kompas1,latitude1,longitude1

item2,kompas2,latitude2,longitude2

dst...

 

Nanti di labviewnya pakai fungsi spreadsheet string to array. Nah kalo dah gitu tinggal diolah datanya

 

Untuk XY Graph, jangan terkecoh dengan title dari sumbu X yang berjudul time. Itu cuma judul saja. Anda bisa ganti dengan nama yang lain lewat properties windownya. Seperti yang saya contohkan sebelumnya, datanya untuk sumbu X kan float, bukan timestamp

0 Kudos
Message 8 of 13
(8,442 Views)

Terimakasih untuk jawaban dari mas taufik dan kawan2. untuk permasalahan yang kemarin sudah terjawab.

 

saya beralih ke pertanyaan lain mas, tapi masih seputar longitude dan lattitude.

 

misal saya punya data string (anggap saja data tersebut logitude dan lattitude) sebagai berikut :

Capture.PNG

 

Data string tersebut ingin saya tampilkan pada xy graph seperti berikut :

gb.PNG

 

Akan tetapi menampilkan nya tesebut menggunakan "COMBO BOX", dimana pilihan di dalam combo box antara lain :

1. Plot 0

2. Plot 1

3. Plot 2, dst

 

Bagaimana programnya agar apabila saya pilih "Plot 0" titik merah yang tampil, apabila saya pilih "Plot 1" titik biru yang tampil, dan apabila saya pilih "plot 2" titik warna kuning yang tampil?

TERIMAKASIH

0 Kudos
Message 9 of 13
(8,355 Views)

Kalo itu tinggal di hide saja plotnya. Trus plot yang dipilih combo box di show menggunakan property node

0 Kudos
Message 10 of 13
(8,353 Views)