LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Izin bertanya, Fungsi Light Meter

Mohon bantuannya, saya disni menggunakan fungsi Light Meter pada Tugas Akhir saya. Disni saya menggunakan fungsi itu untuk perbandingan dari semua pengujian yang saya lakukan. Di fungsi tersebut terdapat hasil nilai rata-rata intensitas dan standar deviasi. 

 

Standar Deviasi yakni besar perbedaan dari nilai sampel terhadap rata-rata. Nilai sampel yakni sedikit dari jumlah keseluruhan objek yang diamati.  Maka untuk mengukur standar deviasi yakni dengan merata-rata sampel. Secara tidak langsung, standar deviasi ini juga menyatakan besarnya keragaman sampel yang anda dapatkan. Semakin besar nilai standar deviasi yang anda dapatkan maka semakin besar pula keragaman sampel, begitu pula sebaliknya yakni jika standar deviasi yang anda dapatkan kecil maka sampel semakin tidak beragam.[1]

 

Yang mau saya tanyakan adalah:

  1. bagaimana perhitungan standar deviasi dan makna pada fungsi tersebut? apakah makna standar deviasi sama seperti yang saya kutip diatas?
  2. Satuan untuk standar deviasi tersebut apakah dalam ( %, watt/m2, Lux, chroma )?

 

 

Terimaksih

 Yudy

 

3.png3.png
1.png

0 Kudos
Message 1 of 3
(4,035 Views)

Terimakasih atas pertanyaan yang sangat detail dan spesifik.

 

Saya bantu jawab:

1. Iya sama. Saya lampirkan definisi standard deviation di LabVIEW:

1.png

 

2. satuan dari gambar bukan satuan cahaya karena sensor yang digunakan untuk membaca bukan sensor cahaya, tapi camera. Satuan dari sensor camera adalah nilai digital antara 0-255 (8-bit) dalam satu color-plane (atau monocrome) dan 0-255 ada 3 plane, atau 24-bit (untuk color).

 

2.png

 

Kalau ingin dalam satuan lux misalnya, lakukan lah kalibrasi. Misalnya, pada camera terbaca 100, dan pada Lux Meter terbaca 10,000, maka bisa diasumsikan bahwa 100 itu adalah 10,000 Lux (gunakan matematika untuk konversinya di dalam LabVIEW).

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2021
0 Kudos
Message 2 of 3
(4,017 Views)

ok terimakasih pak KrisnaWisnu, pertanyaan saya sudah terjawab

0 Kudos
Message 3 of 3
(3,939 Views)